Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah Panti Asuhan An-Nuriyyah

17 Juli 1997 merupakan awal sejarah berdirinya panti asuhan Ratna Jaya. Berdiri di atas tanah Almarhum Hashym Ning seluas 500 M2. Ketika itu atas prakarsa Ibu Ny. Ratna Maida Ning dan Drs.HM Nadjmi Yaqin SH, Panti Ratna Jaya diresmikan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bekasi, dengan menunjuk Ustad Zuhri S.Ag sebagai pimpinan dan pengasuh Panti ini dan pada waktu itu beliau masih bujangan dengan membawa anak asuh 17 anak.



Tahun 1997-2000 merupakan tahun tersulit dalam sejarah perkembangannya. Tahun krisis ekonomi yang melanda Negeri Indonesia sangat dirasakan oleh Panti ini. Begitu sulitnya kadang anak-anak dan pengurus hanya makan nasi dan garam. Ditambah lagi lokasi Panti yang jauh diperkampungan tepatnya di Kampung Siluman –Mangunjaya -Tambun –Bekasi dan jarang dikenal orang menjadi semakin sempurna penderitaan Panti ini. Dapat dibayangkan dalam 2 tahun lebih tak satupun tamu datang ke Panti.

Ketabahan dan kesabaran dari pengurus Panti tak pernah surut, doa anak-anak Panti terus bergemuruh menembus langit. Pada tahun ketiga (th 2000 ) datang wartawan RCTI meliput keadaan Panti untuk ditayangkan di Seputar Indonesia. Setelah ditayangkan barulah orang mengenal Panti ini dan mulailah babak baru perkembangan Panti.


5 April 2000 sejarah baru untuk mulai pembenahan secara administratif. Hal ini dilakukan karena selama 3 tahun tak sehelai kertaspun panti ini memiliki izin. Pada tanggal itu pengurus Panti sepakat untuk mendirikan Yayasan dengan nama Yayasan Pondok pesantren Yatim Piatu An-Nuriyyah dengan kantor sekretariat di Jl. Pendidikan 2 No. 30 Kp. Siluman-Mangunjaya-Tambun 100 meter dari Panti Asuhan Ratna Jaya. Disinilah Yayasan An-Nuriyyah mengembangkan sayapnya sampai membangun satu gedung Panti diluar lokasi Ratna Jaya dengan nama Panti Asuhan  tahfidzul Qur’an An-Nuriyyah ( Panti Asuhan Khusus bagi anak-anak terlantar penghafal Qur’an ).


Mei  2017   LKSA An-nuriyyah mendapat amanah yang lebih dari Dinas  Provinsi Jawa Barat yaitu menjadi Rumah perlindungan Sosial Anak ( RPSA ) ,yaitu menjadi panti rujukan yang menangani langsung pada program kesejahteraan Sosial Anak Provinsi Jawa barat.   


Posting Komentar untuk "Sejarah Panti Asuhan An-Nuriyyah"